728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 08 Juni 2015

TPID Dorong Konversi Gas Elpiji Di 5 Kabupaten

BANJARMASIN - Inflasi di daerah berkontribusi besar terhadap inflasi nasional. Pengendalian harga di daerah pun menjadi penting. Karenanya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota dibentuk agar inflasi tetap rendah dan stabil.

Di Kalimantan Selatan sendiri sudah terbentuk 13 TPID. Untuk meningkatkan koordinasi sekaligus evaluasi program kerja TPID 2014 dan pembahasan program kerja TPID 2015, Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) TPID se Kalsel digelar 12 Maret lalu di Ruang Aberani Sulaiman, Banjarbaru.

Dalam kegiatan itu, dipaparkan isu-isu strategis seperti Kebijakan pengelolaan elpiji/tinjauan kelayakan jaringan gas kota, mekanisme penyesuaian harga khususnya tarif angkutan menyikapi rezim baru penetapan harga BBM (fleksibel), model kerja sama antardaerah, program kerja dan roadmap pencapaianinflasi, serta Isu-isu strategis lainnya.

Salah satu rekomendasi adalah perlu terus didorongnya konversi penggunaan bahan bakar rumah tangga (BBRT) dari minyak tanah ke gas elpiji 3 kilogram di 5 (lima) kabupaten yang belum dikonversi, yakni Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Di samping itu, perbaikan sistem distribusi elpiji melon juga harus terus dilakukan. Rekomendasi lain terkait diperlukannya solusi jangka menengah panjang berupa tinjauan kelayakan jaringan gas kota yang mempunyai keunggulan harga lebih murah dari elpiji bersubsidi beserta pasokannya yang lebih terjaga.

Juga dipaparkan informasi terkait perkembangan inflasi, isu strategis dan tantangan pengendalian inflasi 2015, arah kebijakan penguatan kelembagaan dan program kerja TPID. Di bagian akhir Rakorda, Harymurthy Gunawan, Kepala BI Kalsel menyampaikan pokok-pokok kesimpulan.

Sebut saja seperti perlunya kebijakan strategis pengelolaan elpiji melalui percepatan konversi di 5 daerah dan memperbaiki sistem distribusinya. Kemudian penyempurnaan mekanisme penyesuaian tarif angkutan menyikapi rezim baru harga BBM fleksibel, serta mengidentifikasi produk unggulan di tiap daearah.

Gubernur Kalsel Rudy Arifin berharap peran TPID bersinergi dengan segenap unsur pemerintah, swasta dan masyarakat. Ini sangat penting untuk menjaga dan mengendalikan inflasi secara bersama-sama. mba
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: TPID Dorong Konversi Gas Elpiji Di 5 Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: Perindustrian Perdagangan