728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 08 Juni 2016

Survei Industri Besar dan Sedang Tahunan



Sektor Industri Pengolahan (manufacturing industry)sebagai the leading economic sectors, mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional maupun regional. Sektor ini tidak saja berpotensi memberikan kontribusi ekonomi yang besar melalui nilai tambah, lapangan kerja dan devisa, tetapi juga mampu memberikan kontribusi yang besar dalam transformasi kultural daerah kea rah modernisasi kehidupan masyarakat yang menunjang daya saing daerah Provinsi Kalimantan Selatan.
Di samping itu, nilai tambah (value added) yang dihasilkan dari Sektor Industri Pengolahan mempunyai kontribusi terbesar terhadap turun naiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada tahun 2009 Sektor Industri Pengolahan di Kalimantan Selatan yang tergabung dalam sektor sekunder memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tanpa migas Kalimantan Selatan sebesar 21,48 persen.
Tujuan dan Sasaran
Survei Tahunan Perusahaan Industri Pengolahan dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan data yang digunakan dalam penghitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dimana terbukti secara keseluruhan telah menyumbang sekitar terhadap PDRB total . Selain itu data ini juga banyak digunakan oleh para pengguna data, antara lain pemerintah dan para peneliti untuk berbagai keperluan dalam pengambilan kebijakan terutama yang berkaitan dengan sektor industri.
Metodologi
Metode yang digunakan untuk mencatat informasi dalam pengumpulan data ini adalah kombinasi antara wawacara langsung dan tidak langsung (self enumeration). Wawancara langsung biasanya untuk pertanyaan – pertanyaan yang dapat dijawab langsung oleh penanggung jawab perusahaan. Sedangkan wawancara tidak langsung adalah meninggalkan kuesioner di perusahaan dengan memberikan penjelasan teknis tata cara pengisiannya, kemudian kuesioner ditinggal untuk diisi oleh perusahaan. Biasanya untuk pertanyaan – pertanyaan yang memerlukan data pembukuan. Jika kuesioner sudah diisi lengkap oleh perusahaan, pengembaliannya bisa melalui petugas survei ,dikirim via pos, dikirim melalui email BPS, dan dikirim melalui faksimili ke BPS.
Ruang Lingkup
Survei Tahunan Industri Besar dan Sedang ini mencakup seluruh perusahaan yang berskala besar dan sedang (complete enumeration) yang ada di wilayah Indonesia.
Perusahaan / usaha industri adalah suatu unit ( kesatuan ) produksi yang terletak pada suatu tempat tertentu, yang melakukan kegiatan ekonomi, bertujuan untuk mengubah barang secara mekanis, kimia, atau dengan tangan, sehingga menjadi benda/barang/produk baru yang nilainya lebih tinggi, dan sifatnya lebih dekat dengan pemakai terakhir. Termasuk kedalam kegiatan ini adalah perusahaan yang melakukan kegiatan jasa industri dan pekerjaan perakitan( assembling ).
             Perusahan Industri besar dan sedang adalah perusahaan industri pengolahan yang mempekerjakan 20 orang atau lebih. Yang dimaksud dengan perusahaan industribesar adalah perusahaan industri pengolahan dengan jumlah tenaga kerja 100 orang atau lebih. Sedangkan perusahaan industri sedang / menengah adalah perusahaan industri pengolahan dengan jumlah tenaga kerja 20 - 99 orang.

jiunkpe-ns-s1-2011-42406159-19858-banjarmasin-extras7.jpg (4724×4724)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Survei Industri Besar dan Sedang Tahunan Rating: 5 Reviewed By: Perindustrian Perdagangan